Selasa, 25 Maret 2014

Kedelai yang kaya protein

 Jika Anda sudah bosan dengan daging maupun telur, Anda bisa mengganti menu asupan protein Anda dengan (kacang) kedelai. Berbagai macam varian menu masakan yang terbuat dari kedelai juga mudah Anda temui, seperti kecap, tahu, dan tempe. Simak hal menarik lainnya tentang kedelai yang bermanfaat bagi konsumsi sehari-hari Anda seperti yang dilansir dari Health (16/03) berikut ini.

Produk kedelai
Anda bisa menemukan kedelai dalam bentuk mentah, dikeringkan, dibekukan, kalengan, atau bahkan produk jadi dan setengah jadi dari kedelai. Kedelai pun bisa diubah menjadi berbagai macam bentuk olahan makanan yang bisa Anda nikmati sehari-hari, misalnya tahu, tempe, selai, susu, dan yogurt. Orang Jepang biasanya membuat fermentasi dari kedelai dan memasaknya menjadi miso soup. Di beberapa negara, kedelai juga bisa ditemukan dalam bentuk burger tanpa daging, sereal, dan juga makanan ringan.

Kandungan kedelai
Nutrisi terbesar yang terkandung dalam kedelai adalah protein yang terdiri dari sembilan asam amino penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Anda pun bisa memasukkan menu kacang kedelai ke dalam menu diet Anda sebagai pengganti dari daging, telur, dan juga unggas. Sisi positif lainnya adalah kedelai bebas kolesterol sehingga kandungan lemak jenuhnya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan daging dan susu. Kandungan nutrisi lain pada kedelai adalah isoflavon yang mampu melawan penyakit kardiovaskular, osteoporosis, dan kanker payudara.

Menikmati kedelai
Mendapatkan kedelai tidak terlalu sulit, karena produk ini bisa ditemukan di pasar maupun supermarket. Anda bisa mengganti menu selai kacang dengan selai kedelai jika ingin memiliki variasi menu selai. Susu kedelai juga baik dikonsumsi, terutama jika Anda alergi terhadap susu sapi.

Jika Anda memang ingin mengonsumsi kedelai atau produk kedelai, sebaiknya Anda memilih kedelai yang belum difermentasi, sehingga kandungan nutrisinya masih utuh dan bisa diserap oleh tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar