Selasa, 25 Maret 2014

Hati-hati tumor mampu berkembang biak dengan cepat

 Pengobatan mendasar untuk penyakit kanker yang sering dilakukan pertama kalinya adalah dengan menggunakan biopsi. Namun ternyata penelitian terbaru menunjukkan bahwa biopsi saja tidak cukup untuk proses penyembuhan penderita kanker. Charles Swanton, MD, PhD, dari University College London, mempublikasikan penelitiannya mengenai fakta bahwa tumor tetap bisa berkembang biak dengan cepat meski penderita kanker sudah menjalani pengobatan biopsi.

"Para genomik menganalisis sebuah tumor yang dianggap remeh oleh para dokter sebagai bagian dari tumor heterogen," tulis Swanton dalam jurnal New England Journal of Medicine, seperti yang dikutip dari Third Age (09/03). Tumor heterogen tersebut ternyata mampu bertahan dalam proses pengobatan biopsi, sehingga tumor tersebut akan berkembang menjadi kanker yang lebih ganas.

Menurut MedPageToday dan ABC News, para peneliti kanker dari Amerika Serikat berpendapat bahwa perkembangbiakan tumor tersebut dipicu dari dalam tubuh pasien masing-masing. Adanya mutasi dan kemampuan tumor bertahan saat pengobatan biopsi menjadi sebab utama mengapa pasien tidak cukup hanya dengan menjalani satu jenis pengobatan saja.

Para dokter ahli dan peneliti tersebut juga tetap berharap akan adanya obat yang lebih ampuh untuk membasmi tumor sepenuhnya. Sejauh ini, mereka menyarankan agar pasien tidak menganggap bahwa dengan menjalani biopsi saja, mereka akan sembuh total. Biopsi hanya langkah awal sebuah pengobatan kanker yang bisa dilanjutkan dengan proses terapi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar